Rabu, 01 Februari 2012

It's funny or not? Standar Lucu menurut gue...

Lucu atau gak lucu...

     Standar lucu orang pastinya beda-beda, dan gak ada yang patut diperdebatkan masalah selera. Dalam written comedy. In my opinion. Lucu itu adalah tulisannya Raditya Dika. Tulisan pertama dia yang gue baca adalah buku pertamanya yaitu "Kambing Jantan." Absurd emang. Tindakan yang dia lakukan tuh bodoh, diluar pemikiran sejati otak manusia, dan cara penyampaian dia pun gak kalah bodohnya.

      Dari sisi cerita dia berani ngangkat cerita dia sendiri yang kebanyakan malu-maluin. Ya tiap orang pasti punya pengalaman bodoh yang memalukan dan pasti berbeda-beda. Ini yang membuat ceritanya beda dari penulis lain, jadi yang baca pun dapet bacaan fresh sekaligus bisa ngerasa lebih deket sama si penulis.
      Terus, penyampaiannya yang bodoh. Misalnya, dengan menggunakan kata-kata imajinasi yang gak wajar. Misal "bola bola coklat rasa sari ketek sopir taksi" (marmut merah jambu). Emang ada yang pernah ngerasain rasanya sari ketek sopir taksi itu gimana? kalopun ada emang udah ada standardisasi rasa sari ketek sopir taksi perusahaan A dengan perusahaan B? Disitulah letak komedi atau kelucuannya.
       Gue udah baca hampir semua buku dia kecuali Manusia Setengah Salmon. Biasanya sebelum beli, gue akan baca dulu satu bab buku itu di toko buku, kalo berhasil bikin ngakak langsung gue beli. Tapi sialnya, ketika gue udah siap lahir batin ketawa baca buku itu, eh backsound toko bukunya musik-musik galau. Gue kehilangan konsentrasi buat ketawa dan gak jadi baca.                                                                
        Dari buku-bukunya yang gue baca semua bikin gue ngakak dan ada juga bagian yang bikin gue manggut-manggut. Gak cuma buku, dulu gue juga sering baca blognya. Kalo sekarang tiap hari gue baca postingan dia di twitter, gak tau kenapa gue ngakak aja kalo baca postingannya. Dia ngelucu tapi gak ngebadut. lebay tapi gak dilebay-lebay-in. Clasyy lah.
        Dari situlah gue terinspirasi banget dari Radit dalam membuat cerita komedi. Penilaian beberapa temen cerita gue udah lumayan lucu (Sujud sukur), dan mirip Raditya Dika. Nah, ini nih. Gue emang suka banget gaya berkomedi Radit, tapi gimana caranya biar gue keluar dari karakter dia dan memunculkan karakter baru. Pernah denger jawaban dari Radit nya langsung pas gue dateng ke seminarnya, dia bilang untuk nyiptain karakter tulisan, lo harus banyak baca karya banyak penulis. punya penulis idola lebih dari satu. PR besar banget buat gue. Karena sejauh gue mencoba mencari penulis komedi yang lucunya sreg sama gue itu belom ada lagi.
          Lagi-lagi ini based on my very own opinion lho, feel free to disagree with me...

  • Lucu menurut gue gak harus melulu pake aksen betawi.Entah kebetulan apa emang lagi banyak, gue menemukan cerita komedi yang tokoh-tokoh didalamnya menggunakan aksen betawi (seperti "et dah", "yailah Nyak," dsb), nama betawi (seperti enyak, babeh, udin dsb), mungkin insprasi lenong betawi membawa kesan lucu tapi harus diinget jangan keseringan bikin cerita lucu yang begitu terus, karena gue rasa pembaca sekarang udah bosen baca yang model gitu (so old aja gitu, hehe).
  • Gak harus menggunakan kata-kata gokil, gila, kocak pada judul cerita atau judul buku. Gue sendiri agak males aja denger kata gokil, sok asik kesannya (mheheehe, piss). Biarlah orang yang nilai, kalo buat gue just make the catchy tittle, and make the readers feel curious about your book/story.
Segitu dulu deh, pendapat gue mengenai standar lucu.. Yang jelas, kata senior-senior penulis komedi, walaupun standar lucu orang itu berbeda-beda, tapi pasti ada yang sama dengan kita. Makanya dari kitanya sendiri  juga harus percaya diri bahwa cerita yang kita bikin itu lucu...
 

2 komentar:

  1. Kayaknya gue tau buku yang dimaksud...
    Muehehehehe.. >=D
    CRING *nyengir ala kuda detektif*

    BalasHapus
    Balasan
    1. buku apa hayooo? hahaha
      gak mengarah pada satu buku kok hehe

      Hapus